Pengaruh penanganan keluhan dan komitmen nasabah terhadap loyalitas nasabah pada bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Suriyah KC Semarang
Setyaningrum, Anggun Merlynda Dwi (2019) Pengaruh penanganan keluhan dan komitmen nasabah terhadap loyalitas nasabah pada bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Suriyah KC Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia semakin bersaing dalam memberikan jasa layanan perbankan, untuk menarik perhatian dan minat nasabah baru. Bank harus mampu menghadapi tantangan revolusi industri tersebut, dengan meningkatkan dan mengembangkan strategi dalam memahami apa saja faktor dalam menarik nasabah dan menjadikan nasabah loyal. Loyalitas nasabah dapat dibentuk salah satunya berdasarkan cara penanganan keluhan dan komitmen nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penanganan Keluhan dan Komitmen Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Suriyah KC Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Untuk menganalisis penulis menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, secara parsial variabel penanganan keluhan berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dengan nilai koefisien pengaruh terhadap loyalitas sebesar 0,235. Sedangkan variabel komitmen nasabah juga secara parsial berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05dengan koefisien pengaruh terhadap loyalitas sebesar 0,909. Penanganan keluhan dan komitmen nasabah secara simultan atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Suriyah KC Semarang dengan nilai koefisiensi statistik uji F sebesar 61,300 > F tabel 3,09. Analisis koefisien determinan (R2) sebesar 0,558 atau 55,8%. Angka tersebut mempunyai maksud bahwa pengaruh penanganan keluhan dan komitmen nasabah secara simultan adalah 55,8% sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanganan keluhan; Komitmen nasabah; Loyalitas nasabah; Pelayanan nasabah; Bank syariah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Ricky Dwi Kurnianto |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 08:15 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 08:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10152 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year