Strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada anggota pada KSPPS BMT Al-Hikmah Garan cabang Bawen

Alawiyah, Tutie (2019) Strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada anggota pada KSPPS BMT Al-Hikmah Garan cabang Bawen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015090]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015090)
FULL TA TUTIE ADA STEMPEL BUAT DI CD.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Al – Hikmah Ungaran merupakan sebuah lembaga keuangan yang mana sistem operasionalnya berdasarkan prinsip syariat Islam. KSPPS ini lahir sebagai salah satu solusi alternatif di kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya, dengan prinsip memberikan kemudahan dalam bertransaksi sesuai syariah. Perkembangan zaman yang semakin maju dari waktu ke waktu, teknologi yang semakin canggih dan menyebar luas dari perkotaan sampai ke perdesaan. Berkembanglah Koperasi BMT Al – Hikmah Ungaran dan terbentuknya Kantor – kantor cabang yaitu di Gunung Pati, Babadan, Bandungan, Karang Jati dan Bawen. BMT Al – Hikmah ini dalam transaksi nya sudah berbasis online dengan tujuan memudahkan pengelola dan anggota dalam bertransaksi serta agar kegiatan transaksi yang dilakukan menjadi efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada anggota pada KSPPS BMT Al – Hikmah Ungaran Cabang Bawen (2) Apa hambatan – hambatan strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada anggota pada KSPPS BMT Al – Hikmah Ungararan Cabang Bawen.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam Tugas Akhir adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang secara langsung dapat diperoleh data – data dari lapangan. Dengan tempat penelitian di BMT Al – Hikmah Ungaran Cabang Bawen. Sedangkan metode yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Stretegi peningkatan kualitas pelayanan sangat diperlukan. Pelayanan yang baik akan menumbuhkan instansi yang semakin maju. Namun ada hambatan yang terjadi pada BMT Al – hikmah yaitu permasalahan tertundanya transaksi online yg menyebabkan tidak dapat menginput data anggota yang ingin menabung dan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Pelayanan anggota; BMT; KSPPS
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:37
Last Modified: 05 Jun 2021 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics