Pengembangan modul pegangan guru matematika SMA/MA berbasis Microsoft Excel pada materi trigonometri, statistika, dan peluang

Nugroho, Sigit (2019) Pengembangan modul pegangan guru matematika SMA/MA berbasis Microsoft Excel pada materi trigonometri, statistika, dan peluang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123511086_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (123511086_Skripsi_Lengkap)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengembangan modul pegangan guru matematika SMA/MA berbasis microsoft excel pada materi trigonometri, statistika, dan peluang. Latar belakang dari penelitian ini yaitu antusiasme siswa yang masih sangat kurang dan perlunya variasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan modul pegangan guru metematika SMA/MA berbasis microsoft excel pada materi trigonometri, statistika, dan peluang, (2) menguji validitas modul yang dihasilkan berdasarkan penilaian dosen ahli, praktisi, dan peer review.
Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D (four-D model) yang dikemukakan Thiagarajan (1974) dan dimodifikasi oleh peneliti menjadi 3-D meliputi tiga tahapan pengambangan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian validitas skala 1 sampai 5, yang meliputi aspek isi/materi, penyajian, grafik, dan bahasa. Penilaian dilakukan oleh dua dosen ahli, pendidik matematika tingkat SMA, dan peer review.
Data hasil penilaian berupa data kualitatif yang dikonversikan menjadi data kuantitatif dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan validitas kelayakan modul. Hasil dari penilaian menunjukan bahwa kualitas modul termasuk dalam klasifikasi layak/valid dengan skor rata-rata 4,142 pada rentang skor skala 5.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Modul pegangan guru; Trigonometri; Peluang; Statistika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:35
Last Modified: 30 Dec 2019 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics