Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018

Amarullah, Muhammad Ajib (2019) Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403056088_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1403056088_Skripsi_Lengkap)
SKRIPSI AJIB FIX MUNAQOSAH revisi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan kurangnya inovasi siswa dalam belajar matematika, kesulitan siswa dalam memvisualkan bangun ruang sisi datar dan kurangnya kreatifitas siswa dalam pemecahan masalah soal matematika. Sehinga dibutuhkan langkah dan pembelajaran yang lebih invovatif dalam belajar matematika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Rancang Bangun Google Sketchup terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Prisma dan Limas). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 63,188 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 52,000. Kemudian uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh t_(hitung )=2,757. Setelah t_(hitung ) dikonsultasika dengan t_(tabel ) (0,05;62)=1,67 , diketahui t_(hitung )lebih besar dari t_(tabel ). Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara nyata. Kesimpulan dari penelitian ini, diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Project Based Learning; Google Sketchup; Berpikir Kreatif; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:45
Last Modified: 30 Dec 2019 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics