Efektivitas pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTS N 2 Demak
Hasbana, Arina Firha (2019) Efektivitas pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTS N 2 Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
15 Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII dalam penyelesaian masalah berkaitan dengan aritmetika sosial yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari di MTs N 2 Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTs N 2 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah the randomized posttest-only control design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (model Connected Mathematics Project berbasis etnomatematika) dan variabel terikat (kemampuan koneksi matematika). Populasi terdiri dari 248 siswa yang terbagi menjadi delapan kelas di MTs N 2 Demak tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diperoleh hasil bahwa rata-rata skor akhir kemampuan koneksi matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika yaitu 15,4667 lebih tinggi daripada skor akhir kemampuan koneksi matematika kelas kontrol yaitu 9,1667. Dari uji perbedaan rata-rata diperoleh t_hitung=4,4400 dan t_tabel=1,6716 pada taraf signifikansi 5%, karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil post-test kemampuan koneksi matematika kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata nilai post-test kemampuan koneksi matematika kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi dengan demikian, dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan koneksi matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koneksi matematika; Connected Mathematics Poject (CMP); Etnomatematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maulana Handy |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 06:48 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 06:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10384 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year