Efektivitas pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTS N 2 Demak

Hasbana, Arina Firha (2019) Efektivitas pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTS N 2 Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503056051_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1503056051_Skripsi_Lengkap)
15 Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII dalam penyelesaian masalah berkaitan dengan aritmetika sosial yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari di MTs N 2 Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTs N 2 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah the randomized posttest-only control design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (model Connected Mathematics Project berbasis etnomatematika) dan variabel terikat (kemampuan koneksi matematika). Populasi terdiri dari 248 siswa yang terbagi menjadi delapan kelas di MTs N 2 Demak tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diperoleh hasil bahwa rata-rata skor akhir kemampuan koneksi matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika yaitu 15,4667 lebih tinggi daripada skor akhir kemampuan koneksi matematika kelas kontrol yaitu 9,1667. Dari uji perbedaan rata-rata diperoleh t_hitung=4,4400 dan t_tabel=1,6716 pada taraf signifikansi 5%, karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil post-test kemampuan koneksi matematika kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata nilai post-test kemampuan koneksi matematika kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi dengan demikian, dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan koneksi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Koneksi matematika; Connected Mathematics Poject (CMP); Etnomatematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:48
Last Modified: 30 Dec 2019 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics