Analisis kemampuan investigasi matematis siswa kelas VII F MTS Manahijul Huda Ngagel pada materi penyajian data berdasarkan gaya belajar teori Kolb tahun pelajaran 2018/2019

Maulina, Shofiyya (2019) Analisis kemampuan investigasi matematis siswa kelas VII F MTS Manahijul Huda Ngagel pada materi penyajian data berdasarkan gaya belajar teori Kolb tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503056073_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1503056073_Skripsi_Lengkap)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan investigasi matematis siswa masih rendah, yaitu 20 dari 34 siswa kelas VII F masih merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal investigasi matematis. Hal tersebut berdasarkan wawancara dari guru mata pelajaran matematika di MTs Manahijul Huda dan berdasarkan hasil tes investigasi siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, kemampuan investigasi matematis siswa dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan investigasi matematis siswa kelas VII F MTs Manahijul Huda dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 34 siswa. Dari kelas tersebut kemudian diambil delapan responden secara acak yang terdiri dari dua siswa pada masing-masing jenis gaya belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis setiap butir soal berdasarkan kemampuan investigasi matematis menurut Yeo (2014) meliputi (1) spesialisasi, (2) conjecturing, (3) pembenaran, dan (4) generalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 34 siswa, 12 siswa memiliki gaya belajar divergen, 9 siswa memiliki gaya belajar assimilator, 7 siswa memiliki gaya belajar convergen, dan 6 siswa memiliki gaya belajar accomodator. (2) mayoritas siswa mendapatkan skor tinggi pada indikator spesialisasi, yaitu 28 siswa, sedangkan pada indikator conjecturing dan generalisasi ada 19 siswa yang belum menguasai (3) kemampuan investigasi matematis siswa dari kelompok divergen kurang mampu pada semua indikator Yeo (2014). Siswa dengan jenis gaya belajar accomodator memiliki kemampuan investigasi matematis lebih baik, yaitu mampu menguasai semua indikator Yeo (2014). Siswa dengan gaya belajar convergen dan accomodator mampu menguasai 1 atau 2 indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan investigasi matematis; Gaya belajar; Penyajian data
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:52
Last Modified: 30 Dec 2019 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10385

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics