Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap disposisi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri kelas X MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun ajaran 2018/2019 Skripsi

Hanafi, Andrik Noor (2019) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap disposisi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri kelas X MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun ajaran 2018/2019 Skripsi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503056080_Skripsi]
Preview
Text (1503056080_Skripsi)
naskah skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan disposisi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MA Mathalilbul Huda Mlonggo Jepara. Peneletian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan tipe Postest only control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap disposisi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri kelas X MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun ajaran 2018/2019.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 metode. Metode wawancara digunakan untuk menghimpun keadaan dan permasalahan siswa. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat disposisi matematis siswa.
Data penelitian yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis parametik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji-t dengan taraf 5%, diperoleh thitung = 5,231 sedangkan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel berarti kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem solving lebih baik dibanding siswa yang menggunakan model konvesioanal. Hal ini dapat dilihat dari hasil post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata–rata 87,43 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 79,50. Uji hipotesis disposisi matematis menggunakan uji-t dengan taraf 5%, diperoleh thitung = 4,1485 sedangkan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel berarti disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem solving lebih baik dibanding siswa yang menggunakan model konvesional. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata–rata 82,00 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 75,17. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving efektif terhadap disposisi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Creative Problem Solving; Disposisi matematis; Berpikir kritis; Trigonometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:55
Last Modified: 30 Dec 2019 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics