Efektivitas pembelajaran contextual teaching ang learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi fungsi kelas X SMK Ma’arif NU 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019

Soofi, Ahmad Khoirus (2019) Efektivitas pembelajaran contextual teaching ang learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi fungsi kelas X SMK Ma’arif NU 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123511014_Skripsi]
Preview
Text (123511014_Skripsi)
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMK Ma’arif NU 1 Semarang kelas X. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi fungsi kelas X SMK Ma’arif NU 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan menggunakan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini merupakan semua peserta didik kelas X SMK Ma’arif NU 1 Semarang yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling dengan diambil satu kelas secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Sampel data adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pelajaran matematika materi fungsi kelas X di SMK Ma’arif NU 1 Semarang diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif 49,72, sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh menggunakan pembelajaran konvensional adalah 39,88. Hal ini menunjukkan perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Dari kedua rata-rata kemampuan berpikir kreatif tersebut dilakukan uji perbedaan rata-rata dengan taraf signifikansi 5% dan dk = (n1 + n2 – 2) = 18 + 17 – 2 = 33, diperoleh t_hitung=3,216 dan t_tabel=1,692. Karena t_hitung>t_tabel, maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kemampuan berpikir kreatif dengan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi fungsi kelas X SMK Ma’arif NU 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Berpikir kreatif; Contextual Teaching and Learning; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:56
Last Modified: 30 Dec 2019 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics