Studi komparasi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry dengan problem based learning pada pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Demak tahun ajaran 2018/2019

Qomarudin, Ahmad (2019) Studi komparasi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry dengan problem based learning pada pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Demak tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Pendidikan Matematika]
Preview
Text (Pendidikan Matematika)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi sebagian siswa menganggap matermatika merupakan mata pelajaran yang sulit, dengan rumus-rumus dan perhitungan yang panjang menjadikan siswa susah untuk menyelesaikannya, dari beberapa ulangan harian hasil belajar masih jauh dari ketuntasan belajar yaitu dibawah 70% dari seluruh jumlah siswa, model pembelajaran inquiry dengan pembelajaran problem based perlu diterapkan dalam pembelajaran matermatika, untuk meningkatkan hasil belajar matematika, Kedua model pembelajaran di atas, pada dataran praktik pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Demak tidak selamanya mampu meningkatkan hasil belajar, perlu pengujian lebih lanjut dari kedua model pembelajaran tersebut manakah yang lebih mampu dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pytagoras meskipun kedua-duanya merupakan satu model pembelajaran yang mampu mengaktifkan pembelajaran siswa
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry dengan pembelajaran problem based learning di VIII MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Demak?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat komparatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi, dengan teknik analisis uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry dengan pembelajaran problem based learning di VIII MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Dema. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata post test Hasil Belajar matematika materi pytagoras menggunakan model pembelajaran inquiry Kelas VIII MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Demak 1 = 88.13 sedangkan hasil rata-rata post test Hasil Belajar matematika materi pytagoras menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIII MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Demak 2 = 68.33 dengan n1 = 24 dan n2 = 24 diperoleh thitung = 8.674 hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel taraf signifikasi 5% (24 + 24 - 2) = 46 = 2.013 sehingga thitung > ttabel, Artinya rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran inquiry lebih baik dari pada kelompok eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran inquiry.
Saran penulis terhadap semua orang yang mau membaca skripsi ini yaitu untuk guru matematika perlu mengembangkan model pembelajaran yang mampu menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Untuk MTs Al-Mubarok Margolinduk Bonang Demak mendukung kegiatan pembelajaran khususnya matematika yang mengarah pda keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiry; Problem Based Learning; Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:58
Last Modified: 30 Dec 2019 07:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics