Efektivitas model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic berbantu media power point dan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep materi kubus dan balok peserta didik kelas VIII SMPN 31 Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Zuhri, Muhamad (2019) Efektivitas model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic berbantu media power point dan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep materi kubus dan balok peserta didik kelas VIII SMPN 31 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_1403056014]
Preview
Text (Pendidikan Matematika_1403056014)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic berbantu media power point dan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep Materi Kubus dan Balok peserta didik kelas VIII SMP N 31 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Model pembelajaran VAK merupakan suatu model pembelajaran akan efektif dengan memperhatikan ketiga hal modalitas belajar yaitu: Visualization, Auditory, dan Kinesthetic, dan dapat diartikan bahwa pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan potensi yang telah dimiliki peserta didik dengan melatih dan mengembangkanya, serta membantu peserta didik untuk mengembangkan pemahaman konsep matematika dari peserta didik sendiri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk Posttest-Only Control Group. Populasi penelitian ini berjumlah 287 peserta didik yang tersebar dalam 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Didapatkan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep menggunakan model VAK lebih tinggi dari pada nilai rata-rata peserta didik yang menggunakan model konvensional. Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest pada kelas Eksperimen 73,389 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 51,556. Berdasarkan uji hipotesis peneliti menggunakan Uji–t (pihak kanan). Hasil perhitungan diperoleh t_hitung=7,271 dan t_tabel=1,667, dengan taraf signifikan 5%. Maka dapat dikatakan model pembelajaran VAK efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep; Model Pembelajaran Visual; Auditori; Kinestetik (VAK)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:04
Last Modified: 30 Dec 2019 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10397

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics