Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang
Hidayah, Nur (2019) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
11. SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan seorang siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara mengidentifikasi unsur-unsur yang telah diketahui dan menggunakannya untuk menentukan strategi penyelesaian sehingga mendapatkan solusi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah self confidence. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MA Al Asror kurang optimal. Hal itu dapat dilihat saat guru memberikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan tiga variabel, siswa masih belum menyelesaikan masalah dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di MA Al Asror Kota Semarang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 24 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dipilih dua siswa dari masing-masing kelompok self confidence untuk dijadikan subjek wawancara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan self confidence siswa. Hasil tes dan hasil wawancara kemampuan pemecahan masalah matematis kemudian dianalisis berdasarkan self confidence siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self confidence siswa kelas X MA Al Asror Kota Semarang terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat self confidence tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 dan 4 pemecahan masalah menurut Polya. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat self confidence sedang mampu memenuhi indikator 1, 2 dan 3. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tingkat self confidence rendah tidak mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 maupun 4 pemecahan masalah menurut Polya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematis; Self Confidence |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maulana Handy |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 08:08 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 08:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10401 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year