Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi fungsi ditinjau dari multiple intelligences sesuai teori gardner siswa kelas X SMAN 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019

Kholilah, Aizaul (2019) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi fungsi ditinjau dari multiple intelligences sesuai teori gardner siswa kelas X SMAN 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan SKS (Sistem Kredit Semester) dalam pembelajaran siswa kelas X SMAN 1 Kendal. Sistem ini mengharuskan siswa dalam 1 kelas dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan kemampuan pemahaman konsepnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari multiple intelligences pada materi Fungsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 di SMAN 1 Kendal. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara satu tipe kecerdasan dengan tipe kecerdasan lainnya. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tipe kecerdasan logis matematis lebih unggul dibanding tipe kecerdasan lain. Hal ini disebabkan karena karakteristik tipe kecerdasan logis matematis mendukung kemampuannya dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis.Tipe kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal memiliki kemampuan pemahaman konsep yang rendah karena karakteristik yang dimiliki ketiga tipe kecerdasan ini tidak mendukung kemampuannya dalam memecahkan masalah yang membutuhkan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman; matematis; multiple intelligences; fungsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:44
Last Modified: 30 Dec 2019 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10402

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics