Analisis kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab mata pelajaran bahasa arab siswa kelas 5 B SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Fachri, M. Iwan (2019) Analisis kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab mata pelajaran bahasa arab siswa kelas 5 B SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
sKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
kesalahan membaca teks bahasa Arab siswa kelas 5B SD Al-Irsyad dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan membaca teks bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kesalahan membaca teks berbahasa Arab yang terjadi di SD Al-Irsyad Semarang dikelompokan menjadi 2, yaitu perubahan fonem dan pengurangan fonem. Faktor penyebab kesalahan membaca teks bahasa Arab adalah bahan pembelajaran yang kurang menarik, siswa sulit berkonsentrasi, anggapan bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dipelajari, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya dukungan orang tua pada pelajaran bahasa Arab, faktor bahasa ibu dan lingkungan, dan kurangnya minat belajar siswa. Upaya yang telah dilakukan guru adalah menciptakan pembelajaran yang fun, memberi perhatian khusus pada siswa yang kurang dalam membaca teks bahasa Arab, dan menyiapkan sendiri sarana dan prasarana yang belum tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan fonologi; Keterampilan membaca; Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic > 492.71 Fonologi, sistem tulisan bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Maulana Handy |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 07:19 |
Last Modified: | 29 May 2021 02:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10506 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year