Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Umi, Farikhah (2019) Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1403096103_lengkap] Text (skripsi_1403096103_lengkap)
1403096103_SKRIPSI.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton di MI Ianatusshibyan yang hampir disetiap pembelajarannya menggunkan metode konvensional (ceramah) hal ini menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPS, karena siswa hanya mendengarkan guru ketika memberikan materi sehingga siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, hal ini pula yang menyebabkan siswa kurang bisa meningkatkan motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Pengaruh metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 34, dengan kelas III A yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III B yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata kelompok yang menggunakan metode scramble berbantu media big book adalah 81,76 sedangkan rata-rata hasil menggunakan metode ceramah adalah 72,65. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 4,27 dan ttabel = 1,69 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata – rata hasil kelas eksperimen dan rata – rata hasil kelas kontrol dengan pengaruh
variabel (X) metode scramble berbantu media big book terhadap variabel (Y) motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang sebesar 49,51%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Motivasi belajar; Scramble; Media big book; Ilmu pengetahuan sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 03:55
Last Modified: 29 May 2021 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics