Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist pada Peserta Didik Kelas IV Semester II Materi Surah Al-Lahab di MI NU Banat Kudus
Rifiyati, Lucia Agustina (2012) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist pada Peserta Didik Kelas IV Semester II Materi Surah Al-Lahab di MI NU Banat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911075_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (957kB) | Preview
083911075_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
083911075_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
083911075_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (86kB) | Preview
083911075_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
083911075_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
083911075_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan dikelas IV MI NU Banat Kudus yaitu kurang berhasilnya pembelajaran pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi Surah Al-Lahab dikarenakan sulitnya peserta didik untuk memahami secara langsung apa yang dipelajari dan kurangnya interaksi antara peserta didik dengan pendidik ataupun peserta didik dengan peserta didik. Selain itu, pendidik juga belum menemukan model/metode pembelajaran yang dapat memberi pemahaman konsep yang lebih baik dan dapat mengaktifkan secara fisik maupun mental peserta didik dalam belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: 1)Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Puzzle mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada peserta didik kelas IV semester II materi Surah Al Lahab di MI NU Banat Kudus. 2)Keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Puzzle dapat meningkatkan kemampuan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada peserta didik kelas IV semester II materi Surah Al Lahab di MI NU Banat Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 80 peserta didik terbagi dari dua kelas yaitu kelas IV A yang terdiri 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang terdiri 40 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Puzzle dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,024, sedangkan ttable =1,99 Karena thitung > t table maka berarti rata-rata hasil belajar materi Surah Al-Lahab peserta didik yang diajar dengan pembelajaran koperati tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media Puzzle lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 88,50 dan kelompok kontrol = 83,60 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media Puzzle efektif untuk meningkatkan kemampuan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada peserta didik kelas IV semester II materi surah Al-Lahab di MI NU Banat Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Numbered Heads Together (NHT); Al-Qur’an Hadits; Media Puzzle |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 06:45 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 06:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1089 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year