Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Pokok Daur Hidup Beberapa Hewan Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro Tahun Pelajaran 2011-2012
Chasanah, Nur (2012) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Pokok Daur Hidup Beberapa Hewan Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro Tahun Pelajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911080_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (245kB) | Preview
083911080_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
083911080_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
083911080_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
083911080_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (99kB) | Preview
083911080_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
083911080_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture diartikan mengurutkan gambar dengan berkerja sama atau berkelompok. Dengan demikian peserta didik dapat mengurutkan gambar dan mendiskusikan bersama kelompoknya, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture mempunyai ungsur-ungsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro pada materi daur hidup beberapa hewan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk pretest-posttest control desigh. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini mengambil indikator efektivitas metode yaitu menigkatkan hasil belajar peserta didik. meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Dalam ranah kognitif data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test. Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 2,108 dan = 1,67 dengan taraf nyata 5% karena > maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “model pembelajaran kooperatif picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok daur hidup beberapa hewan kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Pelajaran IPA; Cooperative Learning; Picture and Picture |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 501 Philosophy and theory 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 06:51 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 06:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year