Pengembangan media pembelajaran majalah fisika terintegrasi keislaman dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata surya untuk SMP/MTS kelas VII

Alhanif, Muizzudin Rifki (2019) Pengembangan media pembelajaran majalah fisika terintegrasi keislaman dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata surya untuk SMP/MTS kelas VII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Muizzudin Rifki Alhanif.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP Muizzudin Rifki Alhanif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memiliki pengaruh besar dalam
proses pembelajaran, sehinga perlu adanya media
pembelajaran yang inovaif dan kreatif. Peneliti
mengembangkan media pembelajaran majalah pembelajaran
yang bertujuan untuk mengahasilkan majalah fisika
terintegrasi keislmaan pada materi tata surya untuk
meningkatkan hasil belajar siswa, dan mengetahui kelayakan
majalah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian
pengembangan R & D (Research And Development)
menggunakan model Barg & Gall dengan 6 langkah,
identifikasi masalah dan pengumpulan informasi, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba lapangan, hasil akhir. Subyek penelitian merupakan siswa kelas VII A dan VII B MTs Uswatun Hasanah. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk berupa Majalah Fisika
Terintegrasi keislaman yang dikembangkan layak untuk
digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan diperoleh
dari hasil validasi oleh ahli materi dengan nilai 4,1 termasuk dalam kategori baik, validasi ahli media dengan nilai 4,44 termasuk dalam kategori amat baik, validasi ahli integrasi Islam dengan nilai 3,67 termasuk dalam kategori baik, validasi guru IPA dengan nilai 4,5 termasuk dalam kategori amat baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran majalah fisika terintegrasi keislaman adalah meningkat. Hal ini dibuktikan dengan uji t-test diperoleh hasil thitung = 4,09, dengan a = 5% dan dk = 20+18-2 = 38 diperoleh ttabel=2,024 menunjukan bahwa thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa pada materi tata surya dengan media pembelajaran majalah fisika lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang pembelajaranya menggunakan LKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Majalah; Hasil belajar; Tata surya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Mar 2020 10:14
Last Modified: 18 Dec 2021 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics