Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi momentum dan impuls terhadap hasil belajar siswa kelas X
Salim Putra, Muhammad Dzaki Fuad (2020) Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi momentum dan impuls terhadap hasil belajar siswa kelas X. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Ful skripsi dzaki.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (24MB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efetivitas penggunaan modul Fisika berbasis integrasi sains dan islam pada materi momentum dan impuls terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X di MA Al-Hadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dan rancangan penelitian Pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis integrasi sains dan islam materi momentum dan impuls dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Modul yang digunakan dalam pembelajaran kelas eksperimen adalah modul yang telah di validasi oleh para ahli, yaitu meliputi: 3 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 ahli integrasi keislaman. Data hasil pretest digunakan untuk menguji normalitas dan homogenitas, sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai posttest siswa kelas kontrol dengan thitung = 2, 466 > ttabel = 1,998. Penggunaan modul Fisika berbasis integrasi sains pada meteri Momentum dan Impuls efektif digunakan dengan kategori efektivitas yaitu sedang dengan nilai N-gain 40%
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Fisika; Integrasi sains dan Islam; Hasil belajar; Media pembelajaran; Proses belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 10:18 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 08:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10935 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year