Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan di Kelas V MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara dengan Menggunakan Metode The Power of Two
Harto, Harto (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan di Kelas V MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara dengan Menggunakan Metode The Power of Two. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911082_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (928kB) | Preview
093911082_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
093911082_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (128kB) | Preview
093911082_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
093911082_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (395kB) | Preview
093911082_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
093911082_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika di Kelas V MI Muhammadiyah Sipedang Kecmatan Banjarmangu Kabupaten Banjar Negara dilakukan dengan menggunakan metode konvensional dengan ceramah, tanya jawab dan resitasi yang tentunya menjadikan siswa tidak mengalami pembelajarannya langsung dan mempersulit siswa dalam memahami materi matematika, Untuk itu, sebagai tenaga pendidik harus bisa mengurangi dan menghilangkan persepsi yang salah tersebut, dengan cara memilih metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan tepat, Salah satu metode pembelajaran yang memenuhi kriteria adalah metode the power of two.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana penerapan metode the power of two pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan di kelas V MI Muhammadiyah Sipedang Kecmatan Banjarmangu Kabupaten Banjar negara? 2) apakah metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan di kelas V MI Muhammadiyah Sipedang Kecmatan Banjarmangu Kabupaten Banjar negara?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode the power of two pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan di kelas V MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjar negara dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran yang memanfaatkan kekuatan dua siswa atau berpasangan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan guru, selain itu pasangan tersebut juga mencoba menjawab pertanyaan dari pasangan lain sehingga terjadilah proses saling ketergantungan positif diantara pasangan. 2) Metode the power of two dapat mengurangi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan di kelas V MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjar negara, hal ini terlihat dari hasil belajar yang di dapat siswa setelah melakukan tindakan dimana pada pra siklus ketuntasan ada 15 siswa atau 47%, pada siklus I ketuntasan ada 21 siswa atau 66% dan pada siklus II ketuntasan sudah mencapai 28 siswa atau 88%, begitu juga keaktifan belajar siswa juga mengalami kenaikan dimana pada siklus I ada 15 siswa atau 47 dan pada siklus II sudah mencapai 27 siswa atau 84%
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika; Metode Pembelajaran; Hasil Belajar; The Power of Two |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 07:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 07:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1105 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year