Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas layanan sarana dan prasarana perpustakaan terhadap kepuasan siswa MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara
Fatmawati, Evi (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas layanan sarana dan prasarana perpustakaan terhadap kepuasan siswa MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
NIM133311041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Persoalan perpustakaan MA Matholi’ul Huda adalah layanan sarana dan prasarana yang belum memadai serta pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang belum maksimal. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kualitas layanan sarana dan prasarana perpustakaan terhadap kepuasan siswa MA Matholi’ul Huda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian: terdapat pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang kualitas layanan sarana perpustakaan terhadap kepuasan siswa sebesar 8,3% dengan rhitung sebesar 0,293 dan Fhitung sebesar 26,19938. Terdapat pengaruh signifikan antara persepsi siswa tentang kualitas layanan prasarana perpustakaan terhadap kepuasan siswa sebesar 27% dengan rhitung sebesar 0,522 dan Fhitung sebesar 104,4871. Selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kualitas layanan sarana dan prasarana perpustakaan secara simultan terhadap kepuasan siswa sebesar 31,7% dengan rhitung sebesar 0,568 dan Fhitung sebesar 66,0756. Persamaan regresi yang diperoleh Image Artinya peningkatan satu variabel X1 akan diikuti sebesar Image variabel Y begitu pula peningkatan variabel X2 akan diikuti sebesar Image variabel Y.
Saran bagi pengelola untuk sarana perpustakaan diantaranya: pertama, pengelola meningkatkan pengawasan dan perawatan terhadap koleksi perpustakaan, kedua, menambah koleksi seperti majalah, surat kabar dan alat peraga. Kemudian untuk prasarana perpustakaan diantaranya: pertama, memperbaiki penataan rak buku agar siswa dapat bergerak leluasa, kedua: memerhatikan penempatan koleksi sesuai dengan rak klasifikasinya, ketiga: menambah meja baca dan menata meja dengan rapi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan siswa; Layanan perpustakaan; Sarana prasarana perpustakaan; Perpustakaan sekolah |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Ujang Azwar |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 02:37 |
Last Modified: | 07 Apr 2020 02:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11155 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year