Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional guru agama Islam di MTs Kabupaten Tegal

Islamiyati, Izzahtul (2019) Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional guru agama Islam di MTs Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503036005.pdf]
Preview
Text
NIM1503036005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional guru mapel Agama Islam di MTs Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik pengawas. 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat proses pelaksanaan supervisi akademik
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawacara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan supervisi akademik pengawas, jika dilihat dari aspek perencanaan sudah termasuk baik, karena sebelum melakukan kegiatan supervisi, pengawas terlebih dahulu membuat perencanaan seperti RPA, PROTA, PROMES, dan lain-lain. Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dilaksanakan 2 kali kunjungan, yaitu pada awal tahun pelajaran baru dan akhir tahun pelajaran. Hampir secara keseluruhan program di RPA sudah terealisasi dilapangan. Evaluasi dan tindak lanjut program supervisi akademik dilakukan setelah observasi pembelajaran dikelas ataupun melalui rapat, kegiatan MGMP, kegiatan diklat, pelatihan, ataupun workshop untuk guru yang masih dirasa kurang. Hambatan yang dialami pengawas dalam pelaksanaan supervisi adalah banyaknya guru dan sekolah yang harus dibina, dan kurangnya intensitas supervisi akademik terhadap guru, serta ada beberapa guru yang mengajar tidak sesuai dengan RPP yang dibuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Supervisi pendidikan; Kompetensi guru; Kompetensi profesional; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:40
Last Modified: 07 Apr 2020 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics