Hubungan Kemampuan Baca Tulis Arab terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits pada Siswa MI Ma’arif Budiluhur Kertek Wonosobo
Mahmudah, Siti (2012) Hubungan Kemampuan Baca Tulis Arab terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits pada Siswa MI Ma’arif Budiluhur Kertek Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911088_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (879kB) | Preview
093911088_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
093911088_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
093911088_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
093911088_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
093911088_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
093911088_Bibliogarafi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa membaca Al-Qur'an itu adalah merupakan perintah Allah, karena itu melaksanakannya menjadi ibadah. Bagi yang membacanya akan mendapat syafa’at di hari kiamat. Membacanya merupakan sebaik-baiknya perbuatan. Demikian pula mengajarkannya, rahmat, dan ketenangan hidup akan dilimpahkan kepadanya. Dan malaikat ikut berdo’a bagi keselamatan orang yang membacanya itu.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana kemampuan siswa dalam baca tulis Arab di MI Ma’arif Budiluhur Kertek Wonosobo, bagaimana prestasi belajar Qur’an Hadits siswa MI Ma’arif Budiluhur Kertek Wonosobo, dan bagaimana hubungan kemampuan baca tulis Arab terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits di MI Ma’arif Budiluhur Kertek Wonosob.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subyek penelitian sebanyak 55 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen data nilai BTQ dan nilai Qur’an Hadits. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid-murid kelas V dan VI MI Ma’arif Budi Luhur Kertek mempunyai kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang sangat baik. Prestasi anak terhadap mata pelajaran Qur’an Hadits mempunyai rata-rata yang menunjukkan angka 81,58% yang berarti prestasi anak-anak MI Ma’arif Budi Luhur Kertek khususnya kelas V dan VI adalah baik. Dari hasil perhitungan product moment menunjukkan bahwa harga r0 lebih dari nilai koefisien yang terdapat dalam tabel (rt) dalam taraf signifikansi 5% (0,266) dan kurang dari nilai koefisien yang terdapat dalam tabel (rt) dalam taraf signifikansi 1% (0,345) sehingga pembelajaran Baca Tulis Arab mempunyai korelasi/hubungan yang signifikan untuk menunjang anak dalam mempelajari Al-Qur’an dan hadits.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Arab; Prestasi Belajar; Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 07:47 |
Last Modified: | 23 Dec 2013 07:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1126 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year