Melacak akar radikalisme beragama di sekolah : analisis buku ajar PAI SMA di Kota Semarang

Muslih, Muslih (2015) Melacak akar radikalisme beragama di sekolah : analisis buku ajar PAI SMA di Kota Semarang. Research report (Laporan penelitian). Lembaga Penellitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of 2015=Muslih=PENELITIAN INDIVIDU.pdf]
Preview
Text
2015=Muslih=PENELITIAN INDIVIDU.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pencarian akar radikalisme beragama di sekolah yang difokuskan pada analisis terhadap isi buku ajar mata pelajaran (mapel) Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang SMA di kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah berikut: (1) Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang SMA di kota Semarang? (2) Adakah nilai-nilai yang mengandung unsur paham radikalisme beragama dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang SMA di kota Semarang? (3) Bagaimana bentuk konstruksi radikalisme beragama dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang SMA di kota Semarang? Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research), oleh karena itu kegiatan penelitian ini dipusatkan pada kajian isi buku-buku teks bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang di pakai di SMA di kota Semarang. Dalam penelitian ini ada tiga tahap pemerosesan data, yakni tahap pengumpulan, tahap analisis dan tahap penyajian. Untuk analisis data, peneliti menggunakan metode analisis kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tentang nilai-nilai yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMA di kota Semarang, bisa disimpulkan bahwa buku ajar tersebut mengandung nilainilai moral pendidikan agama Islam sesuai dengan standar isi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Nilai-nilai moral tersebut diuraikan di dalam lima aspek yaitu al-Qur’an Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan Sejarah/Tarikh Islam. (2) Tentang nilai radikalisme beragama dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMA di kota Semarang, hasil penelitian ini menunjukkan adanya temuan unsur paham radikalisme Islam dalam yang diselipkan pada satu materi sejarah kebudayaan Islam pada buku PAI kelas XI terbitan Kemendikbud pada halaman 170, yakni adanya statement dari ajaran tauhid versi Muhammad ibn Abdul Wahhab yang intinya membolehkan untuk membunuh orang musyrik. Pada level pemahaman tertentu ajaran ini bisa dikategorikan termasuk unsur paham radikalisme yang membahayakan. (3) Tentang bentuk konstruksi radikalisme beragama dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMA di kota Semarang, bisa dikatakan bahwa satu materi yang mengandung unsur paham radikalisme Islam tersebut dikonstruksikan dalam bentuk klaim kebenaran oleh kelompok tertentu (Wahhabi) yang mengklaim ajaran tauhid versi kelompok tersebutlah yang paling benar. Disarankan perlunya kerjasama antara semua pihak mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat agar paham radikalisme tidak tumbuh subur di sekolah. Demikian pula, penulis buku ajar disarankan bertindak bijak, hati-hati dan teliti dalam memilih dan memasukkan materi ke dalam buku ajar yang digunakan sebagai pegangan belajar peserta didik, karena buku ajar ikut berperan membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Radikalisme beragama; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Menengah Atas; Islam radikal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:28
Last Modified: 24 Jun 2020 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics