Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum 01 dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedari Jaksa Kabupaten Pati
Shodiq, Shodiq (2012) Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum 01 dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedari Jaksa Kabupaten Pati. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Shodiq_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (356kB) | Preview
Shodiq_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (201kB) | Preview
Shodiq_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (148kB) | Preview
Shodiq_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : untuk menjelaskan strategi pembinaan
keagamaan siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum dan Sekolah Dasar Negeri
Trangkilan Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati, dan menganalisis faktorfaktor
penghambat dan solusinya dalam pembinaan aktivitas keberagamaan siswa
di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan
Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan studi
lapangan (field research) dengan pendekatan phenomenologis. Penelitian ini
bersifat deskriptif dengan mengambil obyek studi di Sekolah Dasar Negeri
Tlogoarum dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedarijaksa
Kabupaten Pati. Dalam pengumpulan data,
Strategi Pembinaan Keagamaan Siswa di SDN Tlogohraum 01 dan di SDN
Trangkilan : Mengoptimalkan pembinaan aktifitas Keagamaan siswa di SDN
Tlogohraum 01 dan di SDN Trangkilan. Mengoptimalkan penerapan kontrol bagi
siswa dalam segala aktivitas pengamalan budaya agama di sekolah. Siswa yang
ada harus melakukan kegiatan sesuai dengan program. Semua guru membantu dan
mendukung dalam mendampingi siswa untuk pembinaan aktifitas keberagamaan
di SDN Tlogoharum 01 dan di SDN Trangkilan. Fasilitas yang terpenuhi secara
penuh dalam aktifitasnya. Semua guru diberi tugas sesuai dengan jabatannya.
Sekolah akan persepsi masyarakat sebagai sekolah yang banyak aturan dan
program yang seolah-olah di luar kegiatan akademik Kesiapan pihak internal
akan konsekwensi logis yang harus dilaksanakan dalam perwujudan suasana
keberagamaan di sekolah.
Adapun temuan-temuan strategi pembinaan keagamaan siswa di SDN
Tlogoharum 01 dan di SDN Trangkilan antara lain : Penambahan jam di luar
PBM melalui eskul keagamaan, Memberi tugas untuk banyak belajar di rumah,
misalkan; mengerjakan PR pada LKS, membuat kaligrafi, Mencari tambahan
materi agama di luar sekolah, Setiap pembelajaran PAI siswa diharuskan
membawa buku LKS, Pada waktu jam istirahat pertama sekitar jam 09.15-0945
siswa dijadwal melaksanakan shalat dhuha untuk kelas IV -VI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Keagamaan Siswa; Sekolah Dasar; Student Religious Activities; Elementary School |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Oct 2013 09:58 |
Last Modified: | 09 Oct 2013 09:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/113 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year