Implementasi permainan edukatif dalam upaya penanaman nilai-iilai islam pada anak pra sekolah di TK Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang

Handayani, Dinik (2009) Implementasi permainan edukatif dalam upaya penanaman nilai-iilai islam pada anak pra sekolah di TK Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104026_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104026_Skripsi_Lengkap)
3104026 Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dinik Handayani (NIM: 3104026). Implementasi Permainan Edukatif dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islam pada Anak Pra Sekolah di TK Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang, Skripsi, Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Permainan Edukatif dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islam pada Anak Pra Sekolah di TK Hj.Isriati Baiturrahman I Semarang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1). Observasi 2). Wawancara 3). Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan edukatif dalam upaya penanaman nilai-nilai Islam pada anak pra sekolah di TK Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang telah diterapkan dengan baik. Dalam prakteknya penanaman nilai-nilai Islam pada anak pra sekolah dengan menggunakan permainan edukatif sudah sesuai dengan perkembangan psikologi anak. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa, penerapan permainan edukatif dalam upaya penanaman nilai-nilai Islam pada anak pra sekolah harus disesuaikan dengan materi yang akan diberikan, kondisi siswa dan alokasi waktu yang ada, hal ini untuk menghindari munculnya permainan-permainan yang tidak berkaitan dengan materi pelajaran dan juga untuk efisiensi waktu. Dalam proses pembelajaran guru selalu menggunakan pendekatan-pendekatan yang disesuaikan dengan perkembangan usia anak agar mudah membawa anak ke dunia belajar melalui kegiatan bermain, bercerita, dan bermain peran bersama. Guru juga berusaha menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bernuansa Islami, seiring dengan keinginan anak dan situasi kelas yang semenarik mungkin disertai dengan berbagai alat permainan yang mampu membangkitkan semangat anak untuk belajar. Dalam interaksi belajar mengajar guru selalu memberikan kebebasan kepada anak untuk beraktifitas agar anak selalu berusaha mengekspresikan dirinya. Sedangkan evaluasi untuk ranah kognitif dilakukan dengan tanya jawab secara langsung kepada anak, dan untuk ranah afektif dan psikomotorik dilakukan dengan pengamatan perilaku sehari-hari anak di lingkungan sekolah, dengan didasarkan pada aspek perkembangan anak.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan para pendidik anak-anak, Lembaga Pendidikan Anak Usia dini, mahasiswa dan para peneliti serta semua pihak yang membutuhkan, khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukatif; Nilai Islam; Pra Sekolah; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 207 Missions and religious education
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:04
Last Modified: 02 Jul 2020 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics