Keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) dengan alat peraga terhadap hasil belajar kelas VIII MTs Negeri Kudus Pada materi bangun ruang kubus

Yunistyani, Afida (2009) Keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) dengan alat peraga terhadap hasil belajar kelas VIII MTs Negeri Kudus Pada materi bangun ruang kubus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_043511055_Afida _Yunistyani]
Preview
Text (SKRIPSI_043511055_Afida _Yunistyani)
3104055_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afida Yunistyani, (NIM:043511055) “Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Kelas VIII MTs Negeri Kudus pada Materi Bangun Ruang Kubus”.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan alat peraga lebih efektif dari pembelajaran kinvensional terhadap hasil belajar kelas VIII MTs Negeri Kudus pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang kubus semester II tahun pelajaran 2007/ 2008?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan alat peraga lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang kubus, (2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan alat peraga pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang kubus.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Kudus pada semester II tahun pelajaran 2007/ 2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, memilih secara acak yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai pretest. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan alat peraga dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data nilai posttest diperoleh dari kedua kelas, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji-t. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,5 dan kelas kontrol 66,5. Dengan dk = 40 + 40 – 2 = 78 dan taraf nyata 5% maka diperoleh = 1,673. Dari hasil perhitungan pada lampiran 25, diperoleh = 3,806. Karena > , jadi Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan alat peraga lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kelas VIII MTs Negeri Kudus pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang kubus semester II tahun pelajaran 2007/ 2008.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; STAD; Pendidikan Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:07
Last Modified: 03 Jul 2021 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11401

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics