Pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di MTs. Mujahidin Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati tahun ajaran 2006/2007
Khazizah, Siti (2008) Pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di MTs. Mujahidin Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati tahun ajaran 2006/2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3102151_SITI_KHAZIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Siti Khazizah (NIM 3102151). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kepribadian Guru PAI terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di MTs. Mujahidin Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI; 2) motivasi belajar PAI siswa; dan 3) pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa di MTs. Mujahiddin Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati
Penelitian ini menggunakan korelasi dengan teknik analisis korelasional. Karena populasinya lebih dari 100 siswa, diambil 20% dari semua siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI di MTs. Mujahidin di Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati dalam kategori “tinggi”. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata persepsi siswa tentang persepsi siswa tentang kepribadian Guru PAI sebesar 70,25 terletak pada interval 65,5 – 72,74, sedangkan motivasi belajar siswa MTs. Mujahidin di Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati dalam kategori “sedang”. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa MTs. Mujahidin di Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati sebesar 54,975 terletak pada interval 52 – 56.
Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan, bahwa ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs. Mujahidin di Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Freg sebesar 9,216. Setelah dicocokkan dengan F tabel pada taraf 5 % sebesar 4,08, sedangkan nilai F tabel pada taraf signifikansi 1 % sebesar 7,61. Karena Freg > F tabel 5 % dan 1 %, maka signifikan. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di MTs. Mujahidin di Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati diterima. Artinya, semakin tinggi persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah persepsi siswa tentang kepribadian guru PAI, maka semakin rendah motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar; Kerpibadian guru; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 07:54 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 07:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11467 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year