Penerapan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw ii dengan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi geometri ruang di kelas ix b MTs N Brangsong

Hidayah, Nur (2009) Penerapan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw ii dengan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi geometri ruang di kelas ix b MTs N Brangsong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104109_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104109_Skripsi_Lengkap)
3104109_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah aktivitas belajar peserta didik di kelas IX B MTs Negeri Brangsong pada pokok bahasan Luas Permukaan dan Volume pada Tabung dan Kerucut melalui penerapan pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dengan menggunakan alat peraga dapat meningkat, (2) apakah hasil belajar peserta didik kelas IX B MTs Negeri Brangsong pada pokok bahasan Luas Permukaan dan Volume pada Tabung dan Kerucut melalui penerapan pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dengan menggunakan alat perga dapat meningkat.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IX B MTs N Brangsong. Dari hasil observasi secara langsung dikelas IX B dapat diketahui model dan metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran matematika yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, peserta didik hanya mendengarkan penjelasan guru, menulis dari apa yang telah dijelaskan kemudian mengerjakan soal yang diberikan, cara mengerjakannya pun secara individu kemudian setelah selesai mengerjakan salah satu dari peserta didik maju mengerjakan soal tersebut. Hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dengan menggunakan alat peraga yaitu kelas IX B MTs N Brangsong yang jumlahnya ada 44 peserta didik.
Pada saat dilaksanakan pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dengan menggunakan alat peraga suasana pembelajaran di kelas IX B menjadi hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksankan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah obeservasi model pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran konvensional, tahap kedua adalah siklus I dan tahap ketiga adalah siklus II. Pada tahap observasi, aktivitas belajar peserta didik sangat rendah dan rata-rata hasil belajar hanya 62,67 dengan ketuntasan belajar 59,52%. Setelah dilaksanakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dengan menggunakan alat peraga aktivias dan hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentase aktivitas belajar antar peserta didik sebesar 44, 35% dan prosentase aktivitas belajar peserta didik dengan guru sebesar 26,98% dengan rata-rata hasil belajar peserta didik 65 dan ketuntasan belajar 59,52%. Sedangkan pada siklus II, prosentase aktivitas belajar antar peserta didik sebesar 76,19% dan prosentase aktivitas belajar peserta didik dengan guru sebesar 50,20% dengan rata-rata hasil belajar 80 dan ketuntasan belajar 92,86%. Dari ketiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dari sebelum diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dengan setelah model tersebut diterapkan. Namun dari penelitian ini terdapat peserta didik yang dari tahap pertama sampai ketiga mempunyai nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan oleh karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan memang daya ingat atau tingkat intelektualitas yang rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Jigsaw; Alat Peraga; Pembelajaran Matematika; Matematika SMP; Model Pembelajaran; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:38
Last Modified: 02 Jul 2020 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics