Hubungan konsep diri dengan kinerja guru PAI SD negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang

Baroroh, Da’watul (2008) Hubungan konsep diri dengan kinerja guru PAI SD negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103078_dawatul_baroroh]
Preview
Text (skripsi_3103078_dawatul_baroroh)
3103078_DAWATUL_BAROROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Da’watul Baroroh (3103078). Hubungan Konsep Diri Dengan Kinerja Guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep Diri Guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, 2) Kinerja Guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, 3) Menguji dan Membuktikan adakah hubungan Konsep Diri dengan Kinerja guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan angket. Subyek penelitian sebanyak 37 responden, menggunakan teknik populasi. Pengumpulan data instrumen angket untuk menjaring data X dan Y.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kinerja guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,516. Sedangkan koefisien korelasi determinasinya: r2 = 0,267 (26,7%) dan uji t sebesar 3,566 kemudian dikonsultasikan ke ttabel (0,05) = 2,021 dan (0,01) = 2,704. Ini berarti thitung lebih besar dari ttabel, menunjukkan korelasi antara X dan Y signifikan. Sedangkan harga Freg diperoleh yaitu = 12,719 kemudian dikonsultasikan dengan harga Ftabel pada taraf signifikan 1% yaitu 7,68 dan 5% =4,08, karena Freg = 12,719 > Ft (0,01) = 7,68 maka signifikan dan F t (0,05) = 4,08 juga signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik tingkat konsep diri guru, maka akan semakin baik kinerjanya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, kepala sekolah dan para guru PAI khususnya, dapat meningkatkan kinerja guru PAI melalui konsep diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep diri; Kinerja guru; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:26
Last Modified: 10 Jul 2020 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11513

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics