Hubungan konsep diri dengan kinerja guru PAI SD negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang
Baroroh, Da’watul (2008) Hubungan konsep diri dengan kinerja guru PAI SD negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103078_DAWATUL_BAROROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Da’watul Baroroh (3103078). Hubungan Konsep Diri Dengan Kinerja Guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep Diri Guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, 2) Kinerja Guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, 3) Menguji dan Membuktikan adakah hubungan Konsep Diri dengan Kinerja guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan angket. Subyek penelitian sebanyak 37 responden, menggunakan teknik populasi. Pengumpulan data instrumen angket untuk menjaring data X dan Y.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kinerja guru PAI SD Negeri Se-Kecamatan Ngaliyan Semarang, ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,516. Sedangkan koefisien korelasi determinasinya: r2 = 0,267 (26,7%) dan uji t sebesar 3,566 kemudian dikonsultasikan ke ttabel (0,05) = 2,021 dan (0,01) = 2,704. Ini berarti thitung lebih besar dari ttabel, menunjukkan korelasi antara X dan Y signifikan. Sedangkan harga Freg diperoleh yaitu = 12,719 kemudian dikonsultasikan dengan harga Ftabel pada taraf signifikan 1% yaitu 7,68 dan 5% =4,08, karena Freg = 12,719 > Ft (0,01) = 7,68 maka signifikan dan F t (0,05) = 4,08 juga signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik tingkat konsep diri guru, maka akan semakin baik kinerjanya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, kepala sekolah dan para guru PAI khususnya, dapat meningkatkan kinerja guru PAI melalui konsep diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri; Kinerja guru; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 02:26 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 02:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11513 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year