Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Keserasian Gerakan dan Bacaan Mata Pelajaran PAI dengan Menggunakan Model Bermain Ular Tangga untuk Siswa Kelas III SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang Tahun 2011/2012
Khamim, Fakhrudin (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Keserasian Gerakan dan Bacaan Mata Pelajaran PAI dengan Menggunakan Model Bermain Ular Tangga untuk Siswa Kelas III SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
093911190_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (649kB) | Preview
093911190_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
093911190_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
093911190_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
093911190_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (85kB) | Preview
093911190_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
093911190_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (6kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kompetensi Dasar Keserasian Gerakan dan Bacaan Shalat Kelas III SD Negeri Wonokerso 01 UPT Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang yang masih jauh dari ketuntasan belajar yaitu dibawah 60% dari KKM yang telah ditentukan. Untuk mengatasi hal ini maka dicoba diterapkan model pembelajaran bermain dengan Media Permainan Ular Tangga yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam agar lebih menyenangkan karena sesuai dengan karakteristik anak kelas rendah.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana Penerapan media Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran PAI Kompetensi Dasar Keserasian Gerakan dan Bacaan Shalat Kelas III SD Negeri Wonokerso 01 UPT Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang?, 2) Bagaiman Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Kompetensi Dasar Keserasian Gerakan dan Bacaan Shalat Kelas III SD Negeri Wonokerso 01 UPT Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang setelah menerapkan media Permaiana Ular Tangga?.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran PAI Mata Pelajaran PAI Kompetensi Dasar Keserasian Gerakan dan Bacaan Shalat Kelas III SD Negeri Wonokerso 01 UPT Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang dengan guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok mendemonstrasikan shalat. 2) Ada peningkatan hasil belajar PAI Mata Pelajaran PAI Kompetensi Dasar Keserasian Gerakan dan Bacaan Shalat Kelas III SD Negeri Wonokerso 01 UPT Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar tiap siklusnya dimana Pra Siklus 30 siswa, siklus I ada 35 siswa, dan pada siklus II ada 41 siswa. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dialakukan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); Model Pembelajaran; Model Bermain Ular Tangga |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 08:03 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 03:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1153 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year