Peningkatan minat dan prestasi belajar melalui pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) pada mata pelajaran Bahasa Arab materi harfu jarr di kelas VI MI Salafiyah Gapuro Warungasem Batang 2010/2011
Mubarokah, Mubarokah (2012) Peningkatan minat dan prestasi belajar melalui pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) pada mata pelajaran Bahasa Arab materi harfu jarr di kelas VI MI Salafiyah Gapuro Warungasem Batang 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
093911192_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (716kB) | Preview
093911192_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
093911192_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (70kB) | Preview
093911192_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
093911192_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
093911192_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
093911192_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VI MI Salafiyah Gapuro, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VI di MI Salafiyah Gapuro, dan Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dengan metode lain pada siswa kelas VI MI Salafiyah Gapuro.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau classroom action research merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Pengambilan sampelnya menggunakan kelas VI MI Salafiyah Gapuro. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes prestasi belajar, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) dapat meningkatkan minat prestasi belajar murid kelas VI MI Salafiyah Gapuro dari hasil sebelum pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) diketahui hasil nilai yang diperoleh murid rata-rata 6,8 sedangkan yang diperoleh setelah pelaksanaan Peer Tutoring (Tutor Sebaya) diketahui hasil belajar siklus I nilai rata-rata 7,4 dan siklus II nilai rata-rata 7,9.
Langkah-langkah pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) sebagai berikut: (1) Guru membentuk 5 kelompok murid yang pandai tersebar ke seluruh kelompok, murid yang pandai bertindak sebagai Tutor Sebaya. (2) Masing-masing kelompok mempelajari materi Harfu Jarr dengan di pandu murid yang pandai. (3) Setiap kelompok melalui wakil menyampikan materi yang dipelajari. (4) Guru memberikan klarifikasi seandainya ada pemahaman murid yang perlu diluruskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Tutoring; Tutor Sebaya; Model Pembelajaran; Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 08:05 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 07:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1155 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year