Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Keteladanan Guru MI Muhammadiyah Karangasem Utara Batang Tahun 2011
Setiyarini, Eni (2012) Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Keteladanan Guru MI Muhammadiyah Karangasem Utara Batang Tahun 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911193_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (568kB) | Preview
093911193_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
093911193_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (141kB) | Preview
093911193_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
093911193_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (67kB) | Preview
093911193_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
093911193_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan oleh setiap manusia, dalam hal ini siswa, proses pendidikan diharapkan dapat dijadikan bekal dalam kehidupannya. Salah satu sikap atau perilaku yang harus dimiliki siswa adalah kedisiplinan siswa. Untuk mencapai kedisiplinan siswa ini diperlukan proses yang panjang salah satunya melalui keteladan guru. Keteladan merupakan teknik mengajar yang dianggap efektif untuk memberikan sarana belajar kepada siswa karena dalam perkembangan jiwa siswa disebutkan bahwa anak pada usia 7 – 12 tahun adalah periode identifikasi terhadap orang lain atau proses peniruan terhadap orang yang menjadi idolanya. Sebagai idola bagi siswanya guru harus menunjukkan perilaku yang sesuai karena perbuatannya itu akan ditiru dan dijadikan teladan oleh siswanya. Oleh karena maka dibuat penelitian tentang “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Keteladanan Guru MI Muhammadiyah Karangasem Utara Batang Tahun 2011”
Rumusan masalahnya Bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui keteladanan guru MI Muhammadiyah Karangasem Utara Batang Tahun Pelajaran 2011? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui keteladanan guru MI Muhammadiyah Karangasem Utara Batang Tahun Pelajaran 2011. Adapun manfaatnya adalah penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan wawasan mengenai keteladan sikap/perilaku/akhlak guru untuk meningkatkan kedisplinan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang upaya yang dilaksanakan guru melalui keteladaannya sebagai cara untuk meningkatkan disiplin siswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan dipetsentasekan terlebih dahulu kemudian diperhitungkan hasilnya pada siklus I dan II apakah terjadi peningkatan atau tidak.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan Kedisiplinan siswa di MI Muhammdiyah Karangasem Utara Batang ini ditunjukkan dengan kriteria sebagai berikut: 1) Datang ke sekolah tepat waktu, 2) Berdoa sebelum dan sesudah belajar, 3) Rajin belajar, 4) Menaati perturan sekolah, 5) Mengikuti upacara dengan tertib, 6) Menggumpulkan tugas yang diberikan tepat waktu, dan 7) Melakukan tugas piket sesuai jadwalnya. Keteladana yang ditunjukkan oleh guru diantaranya : 1) Hadir di sekolah 15 (lima belas) menit sebelum pelaksanaan pelajaran di mulai, 2) Menandatangani daftar hadir setiap hari secara rutin, 3) Mengatur siswa yang akan masuk kelas dengan berbaris secara teratur, 4) Hadir dan meninggalkan sekolah tepat waktu, 5) Melaksanakan semua tugas secara tertib, teratur, dan rutin, 6) Membuat program semester, 7) Membuat persiapan mengajar/jurnal mengajar setiap hari, 8) Memeriksa setiap pekerjaan atau latihan siswa, 9) Menyelesaikan adminitrasi kelas secara baik dan teratur, 10) Tidak meninggalkan sekolah tanpa izin, 11) Tidak merokok selama berada di lingkungan sekolah, 12) Mengisi buku agenda Guru, 13) Mengawasi siswa selama jam istirahat., 14) Mencatat kehadiran siswa setiap hari, dan 15) Melaksanakan 5 K. Kedisiplinan siswa di MI Karangasem Secara umum dalam hal kedisiplinan siswa masih memerlukan teladan maupun contoh perilaku yang ditunjukkan guru. Peniruan ini merupakan ciri pada perkembangan siswa yang belum berusia 12 tahun. Modifikasi yang dilakukan siswa masih mereferensi dari setiap perilaku yang dilakukan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan Guru; Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 08:06 |
Last Modified: | 23 Dec 2013 08:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1156 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year