Pengaruh Faktor Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Pati)

Rizqia, Nur Ayu (2013) Pengaruh Faktor Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Pati). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 092411131_Coverdll.pdf]
Preview
Text
092411131_Coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of 092411131_Bab1.pdf]
Preview
Text
092411131_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 092411131_Bab2.pdf]
Preview
Text
092411131_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 092411131_Bab3.pdf]
Preview
Text
092411131_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 092411131_Bab4.pdf]
Preview
Text
092411131_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 092411131_Bab5.pdf]
Preview
Text
092411131_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 092411131_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
092411131_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan masalah apakah terdapat pengaruh faktor spiritual marketing (teistis (rabbâniyyah), humanistis (insâniyyah), realistis (al-wâqi’iyyah) dan etis (akhlâqiyyah)) terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Pati. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana faktor spiritual marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Pati. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi beberapa pihak, diantaranya memberikan masukan dan informasi terhadap praktisi Perbankan Syari'ah khususnya Bank Muamalat Indonesia, terutama manajer pemasaran dalam menentukan kebijakan untuk menggunakan konsep pemasaran yang efektif guna mempertahankan loyalitas nasabahnya.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik sampel acak (probability sampling). Sedangkan instrumen penelitian untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi linier sederhana, dan uji asumsi klasik. Pengolahan statistiknya menggunakan program SPSS versi 16.0, di mana menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (faktor spiritual marketing) terhadap variabel dependen (loyalitas nasabah) memberikan sumbangan sebesar 11.8%, sedangkan yang 88.2% sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
Hasil uji empiris pengaruh faktor spiritual marketing terhadap loyalitas nasabah menunjukkan nilai t hitung sebesar 3.613 dan p value (sig) sebesar 0.000 dengan menggunakan tingkat alpha 10%, maka posisi nilai probabilitasnya berada di bawah nilai alpha. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor spiritual marketing (teistis (rabbâniyyah), humanistis (insâniyyah), realistis (al-wâqi’iyyah) dan etis (akhlâqiyyah)) terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Spiritual Marketing; Loyalitas Nasabah; Bank Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 23 Dec 2013 02:22
Last Modified: 23 Dec 2013 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics