Tradisi menyontek calon guru : studi tentang menyontek dan berbagai faktor yang mempengaruhinya di kalangan mahasiswa FITK IAIN Walisongo Semarang

Hadjar, Ibnu (2014) Tradisi menyontek calon guru : studi tentang menyontek dan berbagai faktor yang mempengaruhinya di kalangan mahasiswa FITK IAIN Walisongo Semarang. Research report (Laporan penelitian). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang.

[thumbnail of IBNU_HADJAR-PENELITIAN 2014-TRADISI MENYONTEK_compressed.pdf]
Preview
Text
IBNU_HADJAR-PENELITIAN 2014-TRADISI MENYONTEK_compressed.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menyontek merupakan bentuk pelanggaran moral akademik yang banyak terjadi di kalangan sivitas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki “tradisi”menyontek yang dilakukan oleh mahasiswa calon guru yang belajar di LPTK (FITK) IAIN Walisongo Semarang. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh keberagamaan (keyakinan dan perilaku), sikap terhadap koru[si, pada persepsi dan perilaku menyontek di kalangan mahasiswa. Dalam rangka pengujian tersebut, data penelitian dikumpulkan dari sampel yang terdiri dari 408 subjek mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo. Sampel tersebut dipilih secara klaster dan bertingkat berdasarkan program studi dan kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang telah disusun oleh penelliti. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa tradisi menyontek telah dilakukan oleh sebagian mahasiswa sejak belajar di jenjang pendidikan sebelumnya (SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA). Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa tinkat keimanan dan intensitas ibadah tidak berpengaruh secara signifikan pada sikap terhadap korupsi, persepsi tentang menyontek, dan perilaku menyontek, baik langsung maupun tidak langsung. Sikap terhadap korupsi berpengaruh langsung pada persepsi tentang menyontek dan tidak langsung pada perilaku menyontek. Demikian juga, persepsi tentang menyontek berpengaruh negative pada perilaku menyontek. Mereka yang cenderung menganggap menyontek sebagai tindakan yang dapat diterima, cenderung meningkat intensitas menyonteknya.

Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Perilaku menyontek; Persepsi tentang menyontek; Sikap terhadap korupsi; Keberagamaan;Tingkat keimanan; Intensitas ibadah; Calon guru; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:40
Last Modified: 30 Nov 2020 05:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics