Peningkatan Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Materi Pokok Idghom Bighunnah Melalui Penerapan Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011

Masrokah, Masrokah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Materi Pokok Idghom Bighunnah Melalui Penerapan Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911224_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911224_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093911224_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911224_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 093911224_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911224_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 093911224_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911224_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 093911224_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911224_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 093911224_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911224_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 093911224_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911224_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi pokok idghom bighunnah di kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011 sesudah penerapan metode Index Card Match mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi pokok idghom bighunnah.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak. Dari hasil observasi secara langsung di kelas III melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Materi Pokok Idghom Bighunnah yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak dengan populasi 200 peserta didik. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas III yang berjumlah 36 peserta didik .

Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pemberian soal-soal latihan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap prasiklus dan siklus I. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai prosentase 62,85% dan rata-rata tes akhir 63,13. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 68,57% dan rata-rata tes akhir 73,02. Untuk perbaikan maka dilanjutkan siklus II, dalam siklus II terdapat peningkatan mejadi 82.85% dengan rata-rata 80,22.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Index Card Match.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-Qur’an; Metode Pembelajaran; Index Card Match
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:16
Last Modified: 24 Dec 2013 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics