Kemampuan guru dalam memahami karakteristik mata pelajaran al-qur'an hadits kelas viii terhadap ketepatan pemilihan metode pembelajaran di MTs.NU Se-Kabupaten Kendal

Kopifatun, Umi (2007) Kemampuan guru dalam memahami karakteristik mata pelajaran al-qur'an hadits kelas viii terhadap ketepatan pemilihan metode pembelajaran di MTs.NU Se-Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_3100204-Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3100204-Skripsi_Lengkap)
3100204fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara Kemampuan Guru dalam Memahami Karakteristik Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VIII (X) dengan Ketepatan Pemilihan Metode Pembelajaran di MTs. NU SeKabupaten Kendal (Y).
Subyek penelitian sebanyak 40 responden diambil semua dengan menggunakan teknik populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner angket untuk menjaring data Kemampuan Guru dalam Memahami Karakteristik Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VIII (X) dengan Ketepatan Pemilihan Metode Pembelajaran di MTs. NU Se-Kabupaten Kendal (Y).

Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu
prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan
positif antara Kemampuan Guru dalam Memahami Karakteristik Mata Pelajaran
Al-Qur'an Hadits Kelas VIII (X) dengan Ketepatan Pemilihan Metode
Pembelajaran di MTs. NU Se-Kabupaten Kendal (Y), ditunjukkan oleh Freg = 14,
40615 pada taraf signifikansi 0,01 = 7, 35 dan taraf 0,05 = 4,92. Hal ini
menunjukkan bahwa ketepatan pemilihan metode pembelajaran dipengaruhi oleh
kemampuan guru memahami karakteristik mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas
VIII.

Pengajuan hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
antara kemampuan guru memahami karakteristik mata pelajaran Al-Qur'an Hadits
kelas VIII dan ketepatan pemilihan metode pembelajaran yang ditunjukkan oleh
koefisien korelasi Rxy = 0,51397 dan koefisien determinasi R
2
xy = 0,26974. Hal ini
menunjukkan bahwa 100% ketepatan pemilihan metode pembelajaran ditentukan
oleh kemampuan guru memahami karakteristik mata pelajaran Al-Qur'an Hadits
kelas VIII melalui fungsi taksiran Y = 0,44x + 19,153.

Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi
siswa, guru dan Kepala sekolah di MTs. NU se-Kabupaten Kendal serta Civitas Akademika dan semua pihak agar ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat dilaksanakan secara baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru; mata pelajaran; metode belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Dec 2020 09:17
Last Modified: 07 Dec 2020 09:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11889

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics