Efektifitas penggunaan strategi guided note taking terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Roudlotul Muhtadin Welahan Jepara tahun ajaran 2018/2019

Nafi, Rifqi Luthfian (2019) Efektifitas penggunaan strategi guided note taking terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Roudlotul Muhtadin Welahan Jepara tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_14030996017_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_14030996017_Lengkap)
skripsi_1403096017_rifqi luthfian nafi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan meyimak peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas IV MI Roudlotul Muhtadin (2) mengetahui apakah penggunaan strategi Guided Note Taking efektif terhadap keterampilan menyimak peserta didik kelas IV MI Roudlotul Muhtadin. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pre-test-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang berbeda yaitu kelas IV A (kelas eksperimen) dan kelas IV B (kelas kontrol). Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diuji, kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dan kelas kontrol tidak menggunakan strategi tersebut. Hasil penelitian didapat bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan menyimak peserta didik ditandai dengan adanya perbedaan rata-rata nilai posttest yang signifikan pada kedua sampel. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t tes, didapatkan bahwa > maka ditolak dan Ha diterima. (2) Efektifitas keterampilan menyimak peserta didik didapati bahwa, rasio efektivitas (RE) untuk kelas eksperimen sebesar 91% sedangkan untuk kelas kontrol 79%. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar peserta didik keterampilan menyimak cerita peserta didik kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guided Note Taking; Hasil belajar Keterampilan menyimak; Cerita; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahma Annisa
Date Deposited: 24 Mar 2021 04:23
Last Modified: 29 May 2021 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12304

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics