Pengembangan media pembelajaran buku saku terintegrasi sains dan Islam dengan pendekatan environmental learning pada materi pencemaran lingkungan kelas X Madrasah Aliyah NU 03 Sunan Katong Kendal

Juliyani, Sefti (2019) Pengembangan media pembelajaran buku saku terintegrasi sains dan Islam dengan pendekatan environmental learning pada materi pencemaran lingkungan kelas X Madrasah Aliyah NU 03 Sunan Katong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086010_SEFTI_JULIYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503086010_SEFTI_JULIYANI)
SKRIPSI_1503086010_SEFTI_JULIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah buku paket yang digunakan di sekolah kurang menarik. Gambar yang disajikan dalam buku paket hitam putih dan ukurannya yang besar menyulitkan peserta didik untuk membawanya kemana saja. Pengembangan buku saku biologi yang lebih menarik perlu dilakukan agar peserta didik lebih aktif mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku saku pembelajaran biologi terintegrasi sains dan Islam dengan pendekatan environmental learning peserta didik kelas X MA dan untuk mengetahui keefektifan buku saku tersebut terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MA.Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah NU 03 Sunan Katong Kendal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan pengembangan 4-D (define, design, development, dessiminate). Data yang digunakan adalah data kelayakan buku yang diperoleh dari angket kelayakan oleh ahli dan tanggapan guru serta peserta didik. Data hasil belajar diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan buku saku yang dilakukan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan presentase rata-rata dari tim ahli sebesar 81.6%. Penggunaan buku saku biologi materi pencemaran lingkungan terintegrasi sains dan Islam dengan pendekatan environemnetal learning efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil belajar rata-rata kelas eksperimen sebesar 76.48 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 63.15. Penelitian tersebut menyatakan bahwa buku saku pencemaran lingkungan terintegrasi sains dan Islam dengan pendekatan environmental learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Buku saku; Integrasi sains dan Islam; Environmental learning; Pencemaran lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:19
Last Modified: 26 Mar 2021 08:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12385

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics