Pengembangan LKPD dengan strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) berintegrasi nilai Islam untuk peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi ekosistem
Mufidah, Ummu Aliyyatul (2019) Pengembangan LKPD dengan strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) berintegrasi nilai Islam untuk peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi ekosistem. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
SKRIPSI_1503086018_UMMU_ALIYYATUL_MUFIDAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran biologi pada materi ekosistem di MA NU Raudlatul Mu’allimin Demak, guru menggunakan metode ceramah dengan panduan buku LKS. Padahal, pada pembelajaran ini siswa sebaiknya berinteraksi langsung dengan lingkungan, sehingga mampu memberikan pengalaman kepada siswa dalam melakukan penyidikan fenomena yang berkaitan dengan materi. Hal ini sesuai dengan karakteristik pembelajaran biologi yaitu mengupayakan pembelajaran dengan mengenali kehidupan nyata di lingkungan seperti kegiatan lapangan, eksperimen dan kegiatan diskusi. Objek penelitian di kelas X MIA. Tujuan penelitian ini mendesain LKPD dengan strategi pembelajaran REACT berintegrasi nilai islam serta mengetahui pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define/pendefinisian, Design/perancangan, Develop/ pengembangan, dan Disseminate /penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan operasional. Pada uji coba terbatas menggunakan angket tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar (LKPD). Pada uji lapangan operasional menggunakan angket tanggapan, pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas LKPD dalam pembelajaran. Berdasarkan uji kelayakan LKPD dengan strategi pembelajaran REACT berintegrasi nilai islam pada materi ekosistem, LKPD layak digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata persentase kelayakan oleh ahli materi, ahli media, ahli integrasi nilai islam, tanggapan peserta didik, dan tanggapan guru sebesar 88,9 % yang berarti LKPD sangat layak. Kemudian dilakukan uji coba lapangan operasional dengan n-gain hasil kategori sedang yaitu 0,5927. Hasil LKPD efektif dalam pembelajaran dengan nilai t-hitung (35, 258) > t-tabel (1,671) yang artinya Ho ditolak Ha diterima atau terdapat peningkatan secara positif terhadap kemampuan memecahkan masalah sebelum dan setelah menggunakan LKPD .
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; LKPD; Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT); Integrasi sains dan Islam; Kemampuan memecahkan masalah; Ekosistem |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 08:35 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 08:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12388 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year