Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita materi segiempat menggunakan prosedur newman ditinjau dari gaya belajar peserta didik kelas VII di MTS Kedungombo
Falah, Khoirul (2019) Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita materi segiempat menggunakan prosedur newman ditinjau dari gaya belajar peserta didik kelas VII di MTS Kedungombo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
skripsi_1503056006_Khoirul Falah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari pentingnya matematika
dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bertolak belakang
dengan rendahnya nilai matematika peserta didik di MTs
Kedungombo bilamana dihadapkan dengan soal berbentuk
cerita dalam kehidupan sehari–hari. Rendahnya nilai peserta
didik dalam menyelesaikan soal cerita biasanya disebabkan
oleh beberapa faktor. Identifikasi diperlukan dalam tahap ini
untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesalahan
yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita
materi segiempat berdasarkan prosedur Newman yang
ditinjau dari gaya belajar peserta didik di MTs Kedungombo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode tes, angket, dan wawancara. Subjek penelitian diambil
9 peserta didik dari 65 peserta didik kelas VII A dan VII E. 9
subjek tersebut terdiri dari 3 subjek kelompok gaya belajar
visual, auditorial, dan kinestetik. Setiap subjek penelitian
dilakukan wawancara terkait hasil pekerjaannya pada soal
cerita materi bangun datar segiempat. Keabsahan data
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.
Simpulan dari penelitian ini didapatkan peserta didik
sudah berusaha menerapkan prosedur Newman ketika
menyelesaikan soal matematika materi bangun datar
segiempat, tetapi masih melakukan kesalahan pada langkah
memahami masalah dikarenakan kurang teliti. Kesalahan juga
terjadi pada langkah transformasi dikarenakan belum bisa
menentukan rumus, lupa rumus bangun datar segiempat, dan
belum bisa menentukan operasi matematika. Kesalahan juga
terjadi pada langkah keterampilan memproses dikarenakan
kurang menguasai bidang aljabar. Kesalahan juga terjadi pada
langkah penulisan jawaban dikarenakan kesalahan pada
langkah sebelumnya atau tidak ada pekerjaan sama sekali.
Beberapa solusi yang dapat mengatasi atau meminimalkan
kesalahan adalah pemberian penguatan bagaimana cara
menentukan rumus yang tepat, cara menentukan operasi
matematika, penguatan pada bidang aljabar, dan perbaikan
managemen waktu ketika menyelesaikan soal cerita
matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan; Soal Cerita; Prosedur Newman; Gaya Belajar; Matematika; Peserta Didik |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zulfiana Nur Adila |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 12:50 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 12:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12392 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year