Keefektifan model pembelajaran missouri mathematics projec (mmp) terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi persamaan lingkaran kelas XI Ipa di SMA N 1 Paninggaran tahun ajaran 2018/2019

Khotimah, Khusnul (2019) Keefektifan model pembelajaran missouri mathematics projec (mmp) terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi persamaan lingkaran kelas XI Ipa di SMA N 1 Paninggaran tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503056008_Khusnul Khotimah]
Preview
Text (skripsi_1503056008_Khusnul Khotimah)
skripsi_1503056008_Khusnul Khotimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di SMA N Paninggaran yaitu tingkat penalaran matematis peserta didik masih rendah, hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar ulangan tengah semester yang belum mencapai KKM. Siswa masih bingung dalam mengerjakan sebuah soal dan tidak memahami sebuah soal dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan modelpembelajaran Missouri Mathematics Learning (MMP) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA 1 pada materi persamaan lingkaran di SMA N 1 Paninggaran tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain posttest only control. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model
pembelajaran, yang terdiri dari model pembelaran MMP dan konvensional, sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan penalaran matematis kelas XI IPA di SMA N Paninggaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data umum sekolah, seperti foto dan daftar nama peseta didik. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Data penelitian yang telah didapat, dianalisis menggunakan teknik uji statistika parametrik. Hasil analisis menunjukkan bahwa data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test, dengan taraf signifikasi 5% menghasilkan yaitu dan . Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dan mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran MMP efektif terhadap penalaran matematis materi persamaan lingkaran kelas XI IPA di SMA N Paninggaran tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project; Penalaran Matematis; Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 30 Mar 2021 12:54
Last Modified: 30 Mar 2021 12:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics