Efektivitas kombinasi model pembelajaran number heads together dan problem posing berbantuan smart point terhadap keaktifan dan efektivitas kombinasi model pembelajaran number heads together dan problem posing berbantuan smart point terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP M 1 Bangsri tahun pelajaran 2018/2019

Pristiyana, Ambar (2019) Efektivitas kombinasi model pembelajaran number heads together dan problem posing berbantuan smart point terhadap keaktifan dan efektivitas kombinasi model pembelajaran number heads together dan problem posing berbantuan smart point terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP M 1 Bangsri tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503056025_Ambar Pristiyana]
Preview
Text (skripsi_1503056025_Ambar Pristiyana)
skripsi_1503056025_Ambar Pristiyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VIII SMP N 1 Bangsri diketahui bahwa keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah siswa masih sangat rendah. Proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini kurang efektif karena masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran hanya didominasi oleh guru. Oleh karena itu, diterapkan kombinasi model pembelajaran Number Heads Together dan Problem Posing berbantuan Smart Point untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kombinasi model pembelajaran NHT dan Problem Posing berbantuan Smart Point terhadap Keaktifan dan untuk mengetahui efektivitas kombinasi model pembelajaran NHT dan Problem Posing berbantuan Smart Point terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP N 1 Bangsri Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIIIA-VIII E yang berjumlah 158 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji perbedaan rata-rata keaktifan siswa diperoleh t_hitung sebesar 3,854 dan t_tabel sebesar 1,670, sedangkan dari hasil uji perbedaan rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai t_hitung=2,853 dan t_tabel=1,670 dengan taraf signifikansi 5%. Karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan diterima H_1. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran NHT dan Problem Posing berbantuan Smart Point efektif terhadap keaktifan dan kombinasi model pembelajaran NHT dan Problem Posing berbantuan Smart Point efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP N 1 Bangsri Tahun Pelajarn 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Posing; Number Heads Together; Smart Point; Keaktifan; Pemecahan Masalah; Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:10
Last Modified: 31 Mar 2021 12:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12427

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics