Peningkatan literasi matematis siswa melalui pembelajaran problem based learning materi barisan kelas XI MIPA Di MA Negeri Kendal
Karimah, Isti (2019) Peningkatan literasi matematis siswa melalui pembelajaran problem based learning materi barisan kelas XI MIPA Di MA Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
skripsi_1503056046_Isti Karimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (12MB) | Preview
Abstract
Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran problem based learningpada materi barisan kelas XI MIPA di MA Negeri Kendal adalah tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif desainquasi experimental dengan memilih jenis one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di MA Negeri Kendal tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 190 siswa. Sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling dan terpilih kelas XI MIPA-5 sebagai kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas uji coba instrumen terpilih kelas XI MIPA-6. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data meliputi analisis data tahap awal, analisis instrumen, dan analisis data tahap akhir.
Penelitian peningkatan kemampuan literasi matematis ini diawali dengan memberikan pretest kepada kelas eksperimen untuk mengetahui kemampun literasi matematis siswa sebelum diberikan treatment. Kemudian kelas eksperimen diberikan treatment dengan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Sesudah itu kelas eksperimen diberikan posttest untuk mengukur kemampuan literasi matemtias sesudah diberikan treatment.
Penelitian peningkatan kemampuan literasi matematis ini memberikan informasi bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi matematis kelas eksperimen sesudah perlakuan (treatment) adalah 60,6 dan nilai rata-rata kemampuan literasi matematis kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (treatment) adalah 50,3. Kemudian dilakukan uji paired sample z-test dan diperolehz_hitung=4,026, serta pada α=5%diperoleh z_tabel=1,65, karena z_hitung>z_tabel, maka hipotesis alternatif diterima, artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa sesudah diberi perlakuan (treatment). Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran problem based learning pada materi barisan kelas XI MIPA di MA Negeri Kendal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Matematis; Problem Based Learning; Barisan; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zulfiana Nur Adila |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 14:15 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 14:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12431 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year