Efektivitas model pembelajaran ALC (Accelerated Learning Cycle) berbantu Macro-Enabled Powerpoint untuk meningkatkan kemampuan koneksi pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTS Miftahul Huda Tayu

Sa'adah, Hurriyyatus (2019) Efektivitas model pembelajaran ALC (Accelerated Learning Cycle) berbantu Macro-Enabled Powerpoint untuk meningkatkan kemampuan koneksi pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTS Miftahul Huda Tayu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503056055_Hurriyyatus Sa'adah]
Preview
Text (Skripsi_1503056055_Hurriyyatus Sa'adah)
Skripsi_1503056055_Hurriyyatus Sa'adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya ketertarikan
siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah, sehingga siswa belum bisa menghubungkan konsep matematika baikantar konsep matematika, mengaitkan konsep matematika dengan bidang ilmu lainnya maupun mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari dikarenakan pembelajaran di MTs Miftahul Huda Tayu masih menggunakan model konvensional dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran ALC (Accelerated Learning Cycle) berbantu Macro- Enabled Powerpoint untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa pada materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII MTsMiftahul Huda Tayu tahun pelajaran 2018/2019. Kemampuan koneksi matematika merupakan bagian penting yang harus mendapatkan penekanan di setiap jenjang pendidikan, karena dalam koneksi matematika siswa diajak untuk menghubungkan konsepkonsep matematika baik antar konsep matematika, mengaitkan konsep matematika dengan bidang ilmu lainnya maupun mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIberjumlah 187 siswa. Sampel penelitian ini diambil dua kelas berdasarkan cluster random sampling yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran ALC (Accelerated Learning Cycle) berbantu Macro-Enabled Powerpoint sedangkan kelas kontrol vii menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan tes. Nilai rata-rata hasil penelitian diperoleh bahwa kelas
eksperimen 75,64 sedangkan kelas kontrol 69,68 Berdasarkan hasil tersebut diperoleh bahwa model pembelajaran ALC (Accelerated Learning Cycle) berbantu Macro-enabled Powerpoint efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII MTs Miftahul Huda Tayu Tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematika; Accelerated Learning Cycle (ALC); Macro Enabled Powerpoint; Matematika; Garis singgung lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:26
Last Modified: 31 Mar 2021 12:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics