Level abstraksi reflektif dalam kemampuan pemecahan masalah materi segitiga pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Cepiring

Widya, Luthfi Cahya (2019) Level abstraksi reflektif dalam kemampuan pemecahan masalah materi segitiga pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Cepiring. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503056065_Luthfi Cahya Widya]
Preview
Text (Skripsi_1503056065_Luthfi Cahya Widya)
Skripsi_1503056065_Luthfi Cahya Widya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan siswa kelas VII D dalam memecahkan masalah matematika masih rendah. Siswa kelas VII D masih kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah. Hal tersebut didasarkan pada hasil wawancara dari guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Cepiring dan data penilaian harian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan level abstraksi reflektif dalam pemecahan masalah materi segitiga pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Cepiring.
Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil dari kelas VII D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pemecahan masalah berbentuk subjektif dan wawancara mendalam yang dilakukan terhadap enam subjek yang masing-masing adalah dua siswa dari kelompok rendah, dua siswa dari kelompok sedang, dan dua siswa dari kelompok tinggi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah enam siswa mampu melewati tahap memahami masalah. Satu siswa mampu mencapai level pertama yaitu recognition, dan lima siswa mampu mencapai level kedua yaitu representation. Dari enam siswa terdapat empat siswa yang mampu melewati tahap merencanakan pemecahan masalah. Dua siswa mampu mencapai level kedua yaitu representation, dan dua siswa mampu mencapai level ketiga yaitu structural abstraction. Dari empat siswa tersebut semuanya mampu melewati tahap melaksanakan rencana. Satu siswa mampu mencapai level pertama yaitu recognition, dan tiga siswa mampu mencapai level ketiga yaitu strucutural abstraction. Dari empat siswa terdapat dua siswa yang mampu melewati tahap melihat kembali. Dua siswa hanya mampu mencapai level pertama yaitu recognition. Dari capaian tertinggi untuk semua tahap pemecahan masalah, tidak ada yang mampu mencapai level keempat yaitu structural awareness dikarenakan masih kurangnya pemahaman konsep yang mendalam tentang segitiga dan kurangnya pengalaman dalam mengerjakan soal latihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Level Abstraksi Reflektif; Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika; Segitiga
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:28
Last Modified: 31 Mar 2021 12:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12447

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics