Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi getaran harmonis kelas x SMA/MA

Sulistiyowati, Ajeng (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi getaran harmonis kelas x SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503066057_AJENG SULISTYOWATI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503066057_AJENG SULISTYOWATI)
SKRIPSI_1503066057_AJENG SULISTYOWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan, masalah yang sering tampak dalam proses pembelajaran yaitu sumber belajar yang digunakan kebanyakan masih menggunakan bahan ajar buku paket dimana bahan ajar tersebut secara langsung memberikan informasi tanpa memberikan kesempatan peserta didik menemukan sendiri konsep fisika melalui kerja ilmiah. Salah satu cara agar peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi getaran harmonis kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi. Produk LKPD yang telah dikembangkan diuji cobakan terhadap 10 responden untuk skala terbatas, dan 36 responden untuk skala luas yaitu peserta didik kelas X SMAN 1 Gabus. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa LKPD berbasis STEM pada materi getaran harmonis dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran fisika layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan persentase kelayakan sebesar 89% dengan kategori sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi, dan memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid berdasarkan penilaian ahli media. Hasil uji efektivitas menunjukan LKPD yang dihasilkan efektif digunakan, dibuktikan dengan hasil uji gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan penelitian pengembangan LKPD berbasis STEM dikatakan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: STEM, LKPD, Getaran Harmonis, dan Fisika; Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fatimatuzzahro Fatimatuzzahro
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:50
Last Modified: 23 Dec 2021 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12455

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics