Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi getaran, gelombang dan bunyi kelas viii MTs/SMP

Nofitasari, Riska Nila (2019) Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi getaran, gelombang dan bunyi kelas viii MTs/SMP. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503066007_RISKA NILA NOFITASARI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503066007_RISKA NILA NOFITASARI)
SKRIPSI_1503066007_RISKA NILA NOFITASARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan efektivitas buku petunjuk praktikum berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg & Gall dan dibatasi sampai tahap uji lapangan (Main Field Testing). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX dan siswa kelas VIII MTs Tholabudding Masin. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis validasi ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa buku petunjuk praktikum layak digunakan di sekolah dengan kriteria Sangat Baik (SB) dengan persentase 85,83%. Hasil analisis data peneli tian dengan uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Analisis peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0,35, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai gain sebesar 0,16. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum berbasis POE (Predict, Observe, Explain) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Buku Petunjuk Praktikum; POE (Predict, Observe, Explain); Getaran, Gelombang; Bunyi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fatimatuzzahro Fatimatuzzahro
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:56
Last Modified: 23 Dec 2021 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics