Pengaruh kecerdasan logis matematis dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika flipped classroom pada materi fungsi komposisi dan invers fungsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kendal
Aunia, Novi (2019) Pengaruh kecerdasan logis matematis dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika flipped classroom pada materi fungsi komposisi dan invers fungsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
skripsi_1503056089_Novi Aunia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan self efficacy baik secara simultan maupun secara parsial terhadap hasil belajar matematika flipped classroom pada materi fungsi komposisi dan invers fungsi kelas X SMA Negeri 1 Kendal. Penelitian ini dilaksanakan pada lingkup SMA Negeri 1 Kendal dengan objek penelitian dibatasi hanya terhadap variabel kecerdasan logis matematis dan self efficacy sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika flipped classroom sebagai variabel terikat.
Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel diambil adalah sebanyak 15% dari jumlah total 414 siswa, yaitu sebanyak 59 siswa yang dapat diwakili oleh 2 kelas. Dari hasil penelitian diperoleh variabel kecerdasan logis matematis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika flipped classroom sebesar 13%. Hasil berbeda ditunjukkan oleh variabel self efficacy. Variabel self efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika flipped classroom. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis signifikansi dengan perolehan t=1,08299 lebih kecil dari t_tabel=2,0025. Sumbangsih variabel self efficacy terhadap hasil belajar matematika flipped classroom sebesar 2%. Kecerdasan logis matematis dan self efficacy secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika flipped classroom. Variabel Kecerdasan logis matematis dan self efficacy berkontribusi terhadap hasil belajar matematika flipped classroom sebesar 16% dan sisanya 84% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam objek penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika; Pendidikan Matematika; Kecerdasan Logis Matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zulfiana Nur Adila |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 11:18 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 11:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12461 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year