Efektivitas model problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTS NU Raudlatul Muallimin Wedung tahun pelajaran 2018/2019

Munawaroh, Madinatul (2019) Efektivitas model problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTS NU Raudlatul Muallimin Wedung tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503056094_Madinatul Munawaroh]
Preview
Text (skripsi_1503056094_Madinatul Munawaroh)
skripsi_1503056094_Madinatul Munawaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan
yang dihadapi peserta didik kelas VII. Berdasarkan
wawancara dari guru pengampu mata pelajaran matematika
di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung, bahwa peserta didik
masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah
matematika yang ditandai dengan ketidakmampuan
memahami soal, merencanakan penyelesaian, dan
melaksanakan rencana, dan menyimpulkan sesuai yang
ditanyakan.
Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem
Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika peserta didik kelas VII pada materi aritmetika
sosial di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen yang berbentuk true experimental dan rancangan
pretest – posttest control group design. Sampel dari kelompok
eksperimen adalah kelas VII A dan kelompok kontrol adalah
kelas VII B yang diperoleh dengan teknik cluster random
sampling.
Data dianalisis menggunakan uji t – test antara kelas
eksperimen yang menggunakan model Problem Posing dan
kelas kontrol dengan model konvensional. Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan
masalah peserta didik dengan model Problem Posing sebesar
58,870 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 31,036.
Hasil perhitungan uji – t diperoleh thitung = 6,178 dan ttabel =2,010 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil menunjukkan bahwa
adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada
materi aritmetika sosial antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen.
Berdasarkan uji t-test tersebut menunjukkan bahwa
pembelajaran model Problem Posing yang dilakukan pada
kelas eksperimen memperoleh hasil yang efektif daripada
kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan.
Disimpulkan bahwa model Problem Posing efektif terhadap
kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII
materi aritmetika sosial di MTs NU Raudlatul Muallimin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Posing; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Aritmetika Sosial
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 01 Apr 2021 11:22
Last Modified: 01 Apr 2021 11:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12463

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics